Minggu, 14 April 2013

Ber-sosiologi

Mempelajari sosiologi akan semakin terasa manfaatnya apabila ilmu pengetahuan dalam sosiologi itu dapat dikaji dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sekurang-kurangnya kita mempunyai jiwa sosial yang lebih dalam berteman, berorganisasi dan bermasyarakat. Bentuk-bentuk penerapan dari berbagai pengetahuan sosiologi itulah kita  bisa menyelam sambil minum es teh dalam banyak bidang kehidupan kita.
Sebagai contohnya ketika kita studi Strata satu (s1) mahasiswa yang mendalami ilmu sosiologi dan kemudian menjadi ahli dalam ilmu tersebut disebut sebagai sosiolog. Kehadiran sosiolog sangat penting artinya dalam pengembangan ilmu dan pembangunan masyarakat itu sendiri.
Disela-sela saya mengarap makalah dengan tema “Rekontruksi Sistem Ekonomi Indonesia : Memperkuat Peran Masyarakat Sipil Atas Dominasi Negara Dan Pasar”. tentunya pada rana keilmuan ekonomi saya agak sedikit lemah. Bukan mengingkari konsentrasi saya dengan menghilangkan sisi keilmuan sosiologi. Maka dari situlah. Bagaiana kita konsisten dengan bidang entah itu dari segi sudut pandang kita mengiat issu yang lagi panans-panasnya berkaitan dengan tema.
Berdasarkan ilmu, kajian-kajian, serta riset yang dilakukannya, sosiolog dapat memberikan masukan terhadap kebijakan untuk masyarakat yang akan diputuskan oleh para pengambil kebijakan.
Sosiolog membantu menganalisis serta memperkirakan pengaruh yang akan terjadi jika suatu kebijakan diambil dan diterapkan oleh pemerintah pada suatu masyarakat tertentu.
Sosiolog juga dapat menganalisis pembangunan seperti apa yang cocok bagi suatu masyarakat. Hal ini bertujuan agar kebijakan yang diambil oleh pemerintah memenuhi suatu harapan serta menghasilkan pengaruh yang diinginkan.

Mungkin ini sedikit pengalaman saya hasil membaca dan pengalaman analisis wacana sampai ke ranah lapanga. Maka itu lah aku cinta sosiologi.. hihih (14/04/13)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar