Selasa, 30 Desember 2014

Satu Dekade Tragedi Tsunami

Tragedi kemanusiaan bencana gempa dan tsunami Aceh 10 tahun lalu tepatnya tanggal 26 Desember 2004, terjadi gempa bumi megathrust bawah laut pada hari Minggu. Gempa ini dikenal sebagai gempa bumi Samudra Hindia 2004, Gelombang tsunami yang puncak tertingginya mencapai 30 meter ini menewaskan lebih dari 230.000 orang di 14 negara dan menenggelamkan banyak permukiman tepi pantai. Indonesia adalah negara yang terkena dampak paling besar, diikuti Sri Lanka, India, dan Thailand.
Melalui foto dan rekaman video di internet yang saya lihat sangat mengerikan: seluruh isi kota, mulai dari kota-kota di Indonesia hingga Somalia, luluh lantak; ombak deras menyapu bersih rumah penduduk; ratusan ribu nyawa hilang dan ada lebih banyak lagi yang terpisah dari keluarga mereka.
Satu dekade sudah berlalu, negara-negara bekas bencana telah bangun dan berbedah diri dalam usaha pembangunan. Fotografer Damis Sagoji seakan mengembalikan ingatan kita pada tragedi kemanusiaan sepuluh tahun yang lalu setelah kehidupan meraka berubah karena Tsunami. Potret tentang tragis yang mengubah dunia dari salah satu desa nelayan di Thailand.








1 komentar:

  1. nice blog mas, Semoga tetap continue nge blog. Terima kasih tulisannya mengingatkan saya akan kedahsyatan Tsunami.
    Salam dari kami academic Indonesia, mari belajar bersama ilmu menulis artikel opiini lengkap

    BalasHapus